Jangan Salah, Olahraga Lari Baik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental Lho!

0 Comments

Siapa sih yang tidak pernah lari? Mungkin sebagian dari kalian sering banget jogging atau lari kecil, atau bahkan mungkin ada yang menjadi seorang atlet lari. Ternyata, olahraga lari memiliki segudang manfaat lho bagi kesehatan fisik dan mental seseorang, baik itu lari jarak dekat, lari jarak jauh, maupun lari-lari kecil seperti jogging sambil liatin cogan hehe. Menurut iosappers.com hampir dari semua orang memilih untuk melakukan olahraga lari dibanding olahraga lainnya karena dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana, serta tidak perlu merogoh kantong.

Selain itu, kalian juga tidak perlu membeli peralatan-peralatan lari. Hanya mengguanakan sepatu olahraga dan baju bebas sesantai mungkin, kalian sudah bisa berolahraga jenis ini. Olahraga jenis ini bisa menjadi alternatif kalian untuk menjalani kehidupan yang sehat, sebab lari memiliki beberapa manfaat sebagai berikut ini.
Manfaat Lari Untuk Kesehatan Fisik

Jika kalian ingin mengecilkan betis dengan mudah dan tidak ribet, lari marathon adalah solusinya. Ya, lari jenis ini merupakan lari jarak jauh yang bisa kalian lakukan dengan santai. Tidak perlu terburu-buru atau berlari dengan kecepatan tinggi, lari berjarak jauh dengan santai lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tidak hanya mengecilkan betis, dengan berlari kalian juga bisa menurunkan berat badan lho. Tidak perlu diet menggunakan obat-obatan, hanya dengan hidup sehat dan berlari secara rutin juga bisa menurunkan berat badanmu sebab lari bisa mengurangi kalori dalam tubuh. Selain itu, lari juga bisa menurunkan kolesterol darah, memperbaiki daya tahan tubuh, serta mengurangi rasa lapar. Jadi, jika kalian ingin diet mending dibuat berlari saja ya!

Dengan berlari kalian juga bisa meningkatkan fungsi organ dalam tubuh, seperti memperkuat kerja jantung. Jantung yang terlatih akan meningkatkan aliran darah, sehingga konsumsi oksigen juga semakin meningkat. Lari juga bisa mencegah penyakit tulang dan sendi, terutama pada orang lanjut usia.
Manfaat Lari Untuk Kesehatan Mental

Saat berolahraga, kamu akan lebih mengingat momen-momen bahagia karena tubuh sedang melepaskan hormon endorfin, sehingga berlari dapat mengurangi perasaan euphoria dan depresimu. Jika kamu orang yang suka mengalami insomnia atau sulit tidur, coba lakukan olahraga secara rutin di pagi hari. Hal tersebut akan membantumu dalam meningkatkan kualitas tidur dan pola hidup sehatmu.

Ketika kalian berhasil menurunkan berat badan melalui cara berlari, pastinya kalian akan semakin lebih memiliki kepercayaan diri saat di hadapan public. Hal inilah yang bisa kalian dapatkan karena olahraga lari memiliki dampak positif pada kesehatan fisik seseorang, yang secara otomatis akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri seseorang tersebut.

Kalian bisa berlari secara individu maupun berkelompok. Saat individu biasanya kalian lebih fokus untuk berolahraga, sedangkan jika berkelompok biasanya kalian berlari santai sambil mengobrol dengan teman-teman. Meskipun begitu, sempatkan kalian untuk berlari ya. Tidak harus secara cepat dan jarak jauh, setidaknya seluruh tubuh kalian sudah bergerak dan melakukan aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *