Mau Kredit? Pahami Skor Kredit Anda

0 Comments

Umumnya semua orang beranggapan bahwa mereka tidak menyadari bahwa mereka memiliki nilai kredit, tetapi kenyataannya adalah jika Anda memiliki rekening pribadi di salah satu bank atas nama Anda, atau Anda telah membuat aplikasi apa pun. Misalnya KTA (Kredit Tanpa Agunan), kartu kredit dan sejenisnya.

Alhasil, skor kredit Anda pun terus meningkat. Pengertian credit score adalah nilai yang diberikan kepada masing-masing debitur atau individu, dengan tujuan digunakan oleh kreditor untuk mengetahui kemampuan debitur atau calon debiturnya dalam melaksanakan tanggung jawabnya dan menentukan kredit yang diberikan.

Skor kredit yang rendah menandakan Anda berisiko tinggi, sehingga suku bunga pinjaman yang diberikan akan lebih tinggi, atau pengajuan kredit yang sudah diajukan kemungkinan besar akan ditolak. Untuk menutupi risiko kreditor, jika Anda tidak melakukan pembayaran atau tidak dapat mengembalikan kredit. Tetapi jika Anda memiliki nilai kredit yang tinggi, kredit yang Anda inginkan akan diperoleh dengan mudah. Nilainya bervariasi antara 300 dan 850. Nilai di atas 720 menunjukkan zona aman, sedangkan nilai di bawah 640 akan membuat kredit sulit didapat.

Berikut beberapa tip untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Tepat waktu untuk membayar setiap tagihan

Setiap faktur yang belum dibayar atau jatuh tempo akan dikirim oleh kreditur. Misalnya, jika Anda terlambat membayar invoice kartu kredit, perusahaan akan melaporkan kasus tersebut ke bank. Sehingga hal ini akan berakibat pada penurunan nilai kredit Anda. Jika ingin mengajukan KPR di kemudian hari, bank akan melihat dengan jelas skor kredit ini dan memutuskan untuk menentukan tingkat suku bunga dan lain sebagainya. Pada dasarnya, lakukan pembayaran tepat waktu, karena semua bentuk catatan transaksi Anda akan dianalisis, terutama transaksi terkini.

Kurangi hutang

Selain membayar tagihan tepat waktu, sebaiknya Anda juga mengurangi utang, misalnya bagi yang memiliki lebih dari satu kartu kredit, Anda bisa mempertimbangkan untuk mentransfer saldo tagihan ke kartu kredit dengan bunga lebih rendah, dengan sistem transferbalance.

Memiliki aset tetap dan pendapatan

Jika penghasilan Anda tercatat di rekening bank, selain memiliki aset seperti rumah, ruko, atau bangunan lain, juga bisa meningkatkan skor kredit Anda.

Hindari mengajukan kredit pada saat bersamaan

Lembaga keuangan dapat menurunkan skor kredit Anda jika ternyata beberapa transaksi kredit terkait telah dilakukan. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam masa kredit untuk satu barang, maka Anda ingin mengajukan kredit baru untuk barang lainnya. Ini akan menyebabkan nilai kredit Anda turun. Sebaiknya Anda memberikan jangka waktu enam bulan hingga satu tahun setelah masa kredit pertama berjalan lancar tanpa penundaan pelunasan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, disertai dengan pemeriksaan berkala atas laporan keuangan Anda, agar nilai kredit Anda tetap tinggi. Semua ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda jika ingin mendapatkan kredit di kemudian hari.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami atau kunjungi website kami www.idscore.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *