Pengertian Ankylosing Spondylitis yang Sering Menyerang Pria

0 Comments

Secara umum, pengertian ankylosing spondylitis adalah rasa nyeri dan kaku pada tulang. Penyakit umum ini lebih sering menyerang pria pada awal masa dewasa. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis dalam dunia medis adalah penyakit peradangan yang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan beberapa tulang kecil di tulang belakang Anda (vertebra) melebur. Rasa sakit paling umum adalah pada leher belakang hingga punggung bawah. 

Penyakit ini membuat tulang belakang kurang lentur dan dapat membuat postur tubuh membungkuk ke depan dalm hitungan bulan atau tahun. Peradangan juga dapat terjadi di bagian lain dari tubuh Anda, misalnya pada mata.

Gejala Ankylosing Spondylitis 

Setelah pengertian Ankylosing Spondylitis, tanda dan gejala awal penyakit ini juga penting untuk Anda ketahui. Gejala awal termasuk rasa sakit dan kaku di punggung bawah dan pinggul Anda, terutama di pagi hari dan setelah Anda tidak beraktivitas berat pada malam hari. Seiring waktu, gejalanya bisa memburuk, membaik, atau berhenti pada interval yang tidak teratur. Area yang paling sering terkena adalah:

  • Sakit/nyeri pada bagian sambungan antara pangkal tulang belakang dan panggul
  • Vertebra di punggung bawah¬†
  • Tempat-tempat di mana tendon dan ligamen menempel pada tulang, terutama di tulang belakang
  • Tulang rawan antara tulang dada dan tulang rusuk, hingga menyebabkan sulit bernapas
  • Sakit pada sendi pinggul, bahu, dan lutut
  • Hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, dan anemia
  • Mudah lelah dan demam
  • Pembengkakan mata, sakit mata, mata merah, hingga kehilangan penglihatan

Penyebab Seseorang Terkena Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis tidak memiliki penyebab spesifik yang diketahui, meskipun faktor genetik tampaknya terlibat. Secara khusus, pria dengan gen yang disebut HLA-B27 lebih berisiko untuk terkena Ankylosing Spondylitis. Namun, tidak semua orang dengan gen tersebut bisa terserang.

Pengobatan untuk Ankylosing Spondylitis

Tujuan pengobatan adalah untuk meredakan rasa sakit dan kekakuan tulang, serta mencegah atau menunda komplikasi dan kelainan bentuk tulang belakang. Perawatan yang paling berhasil adalah sebelum penyakit ini menyebabkan kerusakan permanen pada sendi Anda. Ada 3 jenis pengobatan yang bisa dilakukan:

  • Obat-Obatan

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti naproxen (Naprosyn) dan indometasin (Indocin, Tivorbex) adalah obat paling umum yang digunakan dokter untuk mengobati Ankylosing Spondylitis. Obat-obat ini dapat meredakan peradangan, rasa sakit, dan kekakuan tulang. Namun, obat-obatan ini dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal.

Jika NSAID tidak membantu, dokter mungkin menyarankan untuk memulai pengobatan biologis, seperti blocker faktor nekrosis tumor (TNF) atau penghambat interleukin-17 (IL-17). TNF blocker menargetkan protein sel yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. IL-17 berperan dalam pertahanan tubuh melawan infeksi dan juga berperan dalam peradangan.

  • Terapi

Terapi fisik adalah bagian penting dari perawatan Ankylosing Spondylitis, dan dapat memberikan sejumlah manfaat, mulai dari penghilang rasa sakit hingga peningkatan kekuatan dan fleksibilitas. Latihan rentang gerak dan peregangan dapat membantu menjaga kelenturan sendi dan mempertahankan postur yang baik. Posisi tidur dan berjalan yang tepat serta latihan perut dan punggung dapat membantu menjaga postur tegak.

  • Operasi

Kebanyakan orang dengan ankylosing spondylitis tidak perlu dioperasi. Namun, dokter mungkin merekomendasikan operasi jika Anda mengalami rasa sakit parah, atau jika sendi pinggul Anda sangat rusak sehingga perlu diganti.

Setelah mengetahui pengertian Ankylosing Spondylitis dan gejala-gejalanya, menerapkan gaya hidup sehat adalah pencegahan awal paling sederhana. Anda bisa mulai dengan berhenti merokok, olahraga teratur, berdiri tegak, dan hindari mengambil atau mengangkat barang dengan membungkuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *